Rumah Intervensi

Apa itu Rumah Intervensi?

Rumah Intervensi merupakan layanan pendidikan bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dengan bantuan pengajar (intervensionis) yang mengajarkan mereka di rumah masing-masing. Pemberian layanan tidak diberikan langsung kepada anak, melainkan kepada orang tua sehingga mereka dapat menjalankan pembelajaran di rumah setiap hari, dan intervensionis hanya menjadi fasilitator yang mendampingi proses pembelajaran berlangsung.  Layanan pendidikan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam memberikan program bagi anak sehingga dapat mendukung tumbuh kembang mereka secara optimal. Program ini pun melibatkan stakeholder yang dapat mendukung pemberian lingkungan yang suportif di daerah anak berkebutuhan khusus tinggal. 

 

Mengapa Harus Ada Rumah Intervensi?

Perancangan pengadaan Rumah Intervensi di daerah-daerah dimaksudkan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan layanan pendidikan yang ada bagi anak berkebutuhan khusus. Minimnya ketersediaan Sekolah Luar Biasa, biaya yang tidak dapat dipenuhi oleh keluarga, ketidaksiapan sekolah regular menerima anak berkebutuhan khusus, dan kurangnya kesadaran orangtua akan pentingnya pendidikan serta minimnya wawasan juga keterampilan mereka dalam memberikan treatment pada anak berkebutuhan khusus dapat menjadi permasalahan yang cukup serius dalam pemberian layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Sementara itu, anak berkebutuhan khusus sangat membutuhkan layanan tersebut untuk mengurangi resiko dari hambatan yang dimilikinya, agar dapat berkembang optimal sehingga menjadi pribadi yang mandiri. Intervensi berbasis keluarga menjadi tawaran solusi atas permasalahan di atas dan diharapkan mampu mendukung keluarga untuk mendukung tumbuh kembang anaknya secara optimal. Peran intervensionis menjadi teman bagi orang tua anak berkebutuhan khusus agar dapat meningkatkan pengetahuan juga keterampilan mereka, sehingga orang tua dapat menjadi pendukung tumbuh kembang anak seoptimal mungkin, dengan layanan yang diberikan di rumah mereka. 

 

Aktivitas Utama Program

  1. Penjaringan anak berkebutuhan khusus dan asesmen. Asesmen dilaksanakan untuk mendapatkan data komprehensif kondisi anak dan keluarga. Data tersebut menjadi dasar penyusunan program intervensi berbasis keluarga oleh pengajar.
  2. Pelaksanaan program dengan pendekatan  home visit oleh pengajar kepada orang tua dimulai dari pemodelan program, pemberian tugas, dan monitoring setiap pekan.
  3. Pelibatan stakeholder di desa setempat untuk melakukan program sosialisasi kepada masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang inklusif.

 

Cita-cita Rumah Intervensi 

  1. Orangtua memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menjalankan program yang diberikan untuk anak berkebutuhan khusus
  2. Peningkatan kemampuan dan keterampilan anak sesuai dengan program yang diberikan
  3. Pelibatan dan kerjasama dengan stakeholder daerah seperti tim Penggerak PKK  yang dapat menjadi gerbang informasi dan solusi bagi permasalahan anak di daerah
  4. Membentuk komunitas orang tua Anak Berkebutuhan Khusus di Kecamatan Sukaresmi
  5. Menciptakan lingkungan yang ramah terhadap disabilitas di Kecamatan Sukaresmi

 

Tempat Kegiatan Rumah Intervensi Batch I

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Cikancana, Desa Sukaresmi, Desa Sukamahi, Desa Cibanteng, dan Desa Kubang, Kecamatan Sukaresmi.

Waktu: Juli 2022 – Desember 2022

 

Testimoni

“Alhamdulillah, selama ini sering merasa hanya saya sendiri yang memiliki anak disabilitas dan saya yang paling menderita. Setelah adanya program ini, saya merasa ditemani, merasa lebih baik menjalankan hari-hari untuk mendukung perkembangan anak saya.”

-Ibu Risma (anak dengan tunadaksa)

 

“Sudah bertahun-tahun saya selalu berdoa sama Allah, mau keadilan untuk anak-anak saya, saya cuman ingin pendidikan, tidak berharap dikasih apa-apa, saya ingin anak-anak saya bisa belajar. Alhamdulillah, doa saya sekarang sudah terwujud, saya bisa mengajarkan anak-anak saya di rumah. Akhirnya mereka bisa mendapatkan pendidikan yang selama ini kami cita-citakan.”

– Ibu Amat dan Eer (anak dengan spektrum autistik)

 

“Anak saya sudah 3 tahun sekolah di TK, namun tidak ada perkembangan, guru di sekolah pun seperti sudah pesimis dengan perkembangan anak saya. Mungkin hal tersebut karena guru pun kebingungan memberikan pembelajaran bagi anak saya. Alhamdulillah, dengan kehadiran Ibu guru intervensionis ke rumah dan mengajarkan banyak hal tentang anak saya dan bagaimana cara belajar yang tepat, anak saya sudah bisa menunjukkan progress dalam kemampuan membaca. Hal yang tidak saya sangka sebelumnya, karena sudah hampir menyerah.”

– Ibu Neng Siti (anak dengan Downsyndrome)

 

Rumah Intervensi

Program yang diberikan akan berfokus pada pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anak, baik itu program akademik maupun program yang mendukung tugas perkembangannya. Tujuan program ini yakni untuk mendorong kemandirian anak berkebutuhan khusus terutama kemampuan dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari dan menjadi individu yang adaptif sehingga dapat berpartisipasi dalam masyarakat.

Terdapat banyak cerita menarik mengenai proses pemberian program yang dijalankan oleh dua orang pengajar yang kami utus di sana. Banyak dinamika yang mereka alami selama di lapangan. Jalanan berbatu, tanjakan dan turunan yang ekstrem, kesulitan mendapatkan sinyal, sambutan hangat masyarakat, dan lain sebagainya membuat pengalaman mereka semakin bermakna.

Jika ingin berpartisipasi dan mendukung program ini, #TemanKebaikan juga dapat membantu dengan berdonasi. Klik tombol donasi di bawah ini!

Jika #TemanKebaikan ingin lebih mengenal lebih jauh mengenai Rumah Intervensi, kunjungi akun Instagram resmi kami di bawah ini!

Loading...

`Anything is possible when you have the right people there to support you` - Misty Copeland