Sajiwa Foundation, sebuah lembaga yang berfokus pada beberapa bidang, salah satunya pendidikan di daerah terpencil, baru-baru ini mengadakan kegiatan bersama anak-anak pedesaan di Ciwidey. Kegiatan ini mengusung tema “Belajar Sambil Bermain” dengan salah satu aktivitas utamanya adalah membuat eksperimen Play-Doh.

Membawa Keceriaan dan Ilmu

Belasan anak-anak dari berbagai usia menghadiri kegiatan ini. Para relawan dari Sajiwa Foundation membawa bahan-bahan sederhana untuk membuat Play-Doh. Bahan-bahan seperti tepung terigu, garam, air, dan pewarna makanan menjadi dasar pembuatan Play-Doh yang kemudian dikreasikan oleh anak-anak.

Proses Kreatif yang Mendukung Pembelajaran

Pembuatan Play-Doh bukan hanya sekedar bermain, tetapi juga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar konsep dasar ilmu pengetahuan seperti pencampuran bahan, proporsi, dan perubahan tekstur. Para relawan membimbing anak-anak untuk mengukur bahan-bahan, mencampurnya, dan melihat hasil dari proses tersebut. Aktivitas ini tidak hanya mengasah keterampilan motorik halus anak-anak, tetapi juga memupuk rasa ingin tahu dan kreativitas mereka.

Manfaat Belajar Sambil Bermain

Belajar sambil bermain adalah metode yang efektif untuk meningkatkan minat anak-anak terhadap pendidikan. Melalui eksperimen Play-Doh ini, anak-anak di Ciwidey dapat merasakan bahwa belajar tidak selalu harus di dalam kelas dengan suasana yang kaku. Mereka bisa belajar melalui aktivitas yang menyenangkan dan interaktif, yang pada akhirnya membuat mereka lebih antusias dan termotivasi untuk terus belajar.

Dampak Positif Bagi Anak-Anak

Kegiatan ini mendapat sambutan yang sangat positif bagi anak-anak, mereka bisa belajar hal-hal baru dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, kegiatan ini juga mempererat hubungan antara Sajiwa Foundation dengan setempat, membuka peluang untuk kerjasama lebih lanjut di masa depan.

Komitmen Sajiwa Foundation

Sajiwa Foundation berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan serupa di berbagai daerah, dengan harapan bisa memberikan manfaat yang lebih luas bagi anak-anak di Indonesia. Kegiatan seperti ini tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan tetapi juga membangun karakter dan semangat belajar anak-anak sejak dini.

Melalui kegiatan di Ciwidey ini, Sajiwa Foundation membuktikan bahwa belajar bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan penuh kebersamaan. Anak-anak pedesaan mendapatkan pengalaman berharga yang akan mereka kenang dan mungkin menjadi awal dari kecintaan mereka terhadap ilmu pengetahuan. Sajiwa Foundation akan terus berusaha menjangkau lebih banyak anak-anak di daerah terpencil, memberikan mereka kesempatan untuk belajar dan berkembang, sambil tetap menikmati masa kanak-kanak mereka dengan cara yang menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...

`Anything is possible when you have the right people there to support you` - Misty Copeland