Apa itu Rumah Intervensi?

Rumah Intervensi merupakan layanan pendidikan bagi orangtua dengan anak berkebutuhan khusus dengan bantuan intervensionis yang mengajarkan orangtua di rumah. Layanan pendidikan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orangtua dalam memberikan program bagi anak sehingga dapat mendukung tumbuh kembang mereka secara optimal. Program ini pun melibatkan stakeholders yang dapat mendukung pemberian lingkungan yang supportif di daerah anak berkebutuhan khusus tinggal.

Mengapa harus ada Rumah Intervensi?

Perancangan pengadaan Rumah Intervensi di daerah-daerah dimaksudkan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan layanan pendidikan yang ada bagi anak berkebutuhan khusus. Minimnya ketersediaan Sekolah Luar Biasa, biaya yang tidak dapat dipenuhi oleh keluarga, ketidaksiapan sekolah regular menerima anak berkebutuhan khusus, dan kurangnya kesadaran orangtua akan pentingnya pendidikan serta minimnya wawasan juga keterampilan mereka dalam memberikan treatment pada anak berkebutuhan khusus dapat menjadi permasalahan yang cukup serius dalam pemberian layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Sementara itu, anak berkebutuhan khusus sangat membutuhkan layanan tersebut untuk mengurangi resiko dari hambatan yang dimilikinya, agar dapat berkembang optimal sehingga menjadi pribadi yang mandiri. Intervensi berbasis keluarga menjadi tawaran solusi atas permasalahan di atas dan diharapkan mampu mendukung keluarga untuk mendukung tumbuh kembang anaknya secara optimal. Peran Intervensionis menjadi teman bagi orang tua anak berkebutuhan khusus agar dapat meningkatkan pengetahuan juga keterampilan mereka, sehingga orang tua dapat menjadi pendukung tumbuh kembang anak seoptimal mungkin, dengan layanan yang diberikan di rumah mereka. 

Tugas Intervensionis Apa Saja?

  1. Memberikan Program Layanan Intervensi berbasis keluarga kepada orangtua atau dewasa lain yang mendampingi anak berkebutuhan khusus
  2. Mendampingi orang tua anak berkebutuhan khusus dalam memberikan layanan intervensi di rumah mereka.
  3. Melibatkan masyarakat dalam membantu mengoptimalkan program dengan bekerja sama dalam mewujudkan masyarakat yang ramah terhadap anak berkebutuhan khusus
  4. Melibatkan stakeholders daerah dalam membangun dan menjalin komunikasi mengenai program pendukung rumah intervensi bagi anak. 

Timeline


Tempat

Fasilitas:

  1. Tempat tinggal selama di daerah
  2. Kendaraan bermotor selama di daerah
  3. Living cost setiap bulan
  4. Bahan Media Pembelajaran
  5. Printer

 

Gambaran Kegiatan

  1. Pembekalan dan Pendampingan Intervensionis 

Tim Sajiwa mempersiapkan pelatihan dan pembekalan bagi intervensionis yang dilengkapi pemberian materi dari ahli.

2. Pemberangkatan Intervensionis. Hal yang dilaksanakan antara lain:

  1. Program Intervensi Berbasis Keluarga yang meliputi:
  • Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus
  • Penyusunan Program Intervensi
  • Expert judgment program yang telah disusun
  • Sosialisasi dan Pemodelan Program Intervensi Kepada Orangtua
  • Pendampingan pelaksanaan Intervensi Oleh Orang Tua 
  • Evaluasi program

2. Pelibatan  Stakeholders daerah yang meliputi:

  • Koordinasi Pemerintah RT/RW dan Desa Setempat
  • Koordinasi Penggerak PKK dan/atau Kader Posyandu Terdekat
  • Koordinasi dengan guru SLB terdekat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...

`Anything is possible when you have the right people there to support you` - Misty Copeland